Type something and hit enter

Posted by On

Pada kesempatan ini kami akan membagikan pengertian dongeng menurut para ahli mulai dari KBBI dan pakar lainnya.


Dongeng adalah bentuk prosa fiksi lama yang dalam bahasa Inggris disebut folklore. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dongeng diartikan sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi.


Definisi dongeng adalah suatu kisah fiktik yang bisa juga diambil dari kisah asli atau sejarah kuno yang dibentuk dari unsur tertentu.


Pengertian dongeng terus berkembang menurut beberapa ahli seperti diungkaplah oleh para ahli di bawah ini.


Baca juga: Materi Teks Dongeng Lengkap


Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

pengertian dongeng menurut para ahli


1. Pengertian Dongeng Menurut KBBI


Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi, terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh. (KBBI, 2007: 274).


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun oleh Kemendiknas (2008) dinyatakan bahwa dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi terutama tentang kejadian zaman dahulu yang aneh-aneh.


2. Pusat Bahasa


Menurut Pusat Bahasa (2003: 147), dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi atau cerita bohong. 


3. Triyanto


Menurut Triyanto (2007:46) dongeng merupakan cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi, berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan moral bagi peserta didik.


4. Kamisa


Menurut Kamisa (1997:144) dongeng adalah cerita yang ditulis atau dituturkan sifatnya hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi.


5. Hana


Menurut Hana (2011) bahwa dongeng adalah cerita rekaan, tidak nyata atau fiksi, seperti: fabel (cerita binatang dan benda mati), sage (cerita petualangan), hikayat (cerita rakyat), legenda (cerita asal usul), mite (cerita dewa dewi, peri, dan roh halus), epos (cerita besar seperti Ramayana dan Mahabarata).


Menurut Hana (2011:14) dongeng merupakan hasil karya sastra berdasarkan rekayasa imajinasi seorang penulis.


6. Rukiyah


Danandjaja (1991) dan Rukiyah (2018) menyatakan bahwa dongeng adalah cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, meskipun kenyataannya banyak dongeng yang melukiskan kebenaran, mengandung pelajaran moral, atau sindiran.


7. Intani


Menurut Intani (2018) bahwa dongeng adalah cerita rakyat yang secara lisan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, pengarangnya anonim (tidak dikenal), ada dalam dunia khayal atau tidak benar-benar terjadi, dan tidak diketahui secara jelas mengenai tempat dan kapan waktunya terjadi.


8. Asis


Dalam bahasa Jerman, Asis (2015) menjelaskan definisi dongeng adalah cerita rakyat yang secara lisan turun-temurun disampaikan kepada kita, pengarangnya tidak dikenal, berada pada dunia khayalan, tidak jelas mengenai tempat dan waktunya, kemudian ditulis oleh penulis atau pengarang berbudaya untuk kalangan berbudaya.


9. Ahimsa Putra


Ahimsa Putra sebagaimana dikutip Rahmawati (2015) menyatakan bahwa dongeng merupakan sebuah kisah atau cerita yang lahir dari imajinasi manusia, dari khayalan manusia, walaupun unsur khayalan tersebut berasal dari apa yang dalam kehidupan manusia sehari-hari.


10. Lezin


Senada dengan Lezin dalam bukunya bibbliocollege Charles Perrault yang menyatakan bahwa dongeng adalah cerita pendek tentang petualangan khayal dengan situasi dan tokoh-tokoh yang luar biasa dan gaib.

 

11. Hendri


Hendri (2013: 14-15) mengungkapkan bahwa dongeng merupakan suatu hal yang berkaitan dengan dunia khayalan.


12. Kurniawan


Menurut Kurniawan (2013:71) dongeng adalah dunia dalam kata. Kehidupan yang dituliskan dengan kata-kata. Dunia yang berisi cerita menakjubkan mengenai dunia binatang, kerajaan, benda-benda, bahkan roh-roh, dan raksasa.


13. Nurgiyantoro


Dalam pandangan Nurgiyantoro (2013: 201-207), dongeng dibagi menjadi dua tipe yaitu dongeng klasis dan dongeng modern. Dongeng klasik pada umumnya merupakan dongeng-dongeng anonim yang pada awalnya hanya diceritakan oleh para orang tua secara lisan saja.


Sementara, dongeng modern merupakan cerita fantasi modern yang juga dikategorikan sebagai dongeng fantasi.


Menurut Nurgiantoro dikutip Ajid (2010) "Dongeng adalah cerita yang benar-benar tidak terjadi dan dalam banyak hal sering tidak masuk akal".


Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal sering tidak masuk akal (Nurgiantoro dalam Suaibun, 20012:496).


14. Nursisto


Nursisto (2000: 3) menjelaskan dongeng adalah cerita tentang suatu hal yang tidak pernah terjadi dan juga tidak mungkin terjadi. Cerita ini sering berhubungan dengan kepercayaan, keajaiban, dan kehidupan binatang.


15. Poerwadarminta


Menurut Poerwadarminta (2004:274) dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (kejadian dahulu yang bersifat aneh), perkataan yang tidak benar dan dianggap sebagai cerita belaka.


16. Danandjaja


Dongeng adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran.


Menurut Danandjaja dikutip Sukmawan (2014) "Dalam bahasa Inggris dongeng disebut fairy tales (cerita peri), nurseri tales (cerita kanak-kanak), atua wonder tales (cerita ajaib).


17. Haerkotter


Menurut Haerkotter (1971:168), dongeng dalam sastra Jerman adalah sebuah cerita pendek, cerita bebas yang direka-reka, yang tidak terikat baik oleh waktu maupun tempatnya, dan juga tidak memiliki karakter yang nyata. Dongeng penuh dengan kejadian fantasi berupa keajaiban-keajaiban yang sama sekali tidak dapat terjadi dalam kehidupan nyata karena bertentangan dengan hukum alam.


18. Supriyadi


Menurut Supriyadi (2006:28) dongeng adalah suatu cerita rekaan atau khayalan belaka yang hidup dikalangan rakyat yang disajikan dalam bentuk lisan, namun saat ini sudah banyak yang ditulis dan dibukukan.


19. Agus


Dongeng adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran (Agus, 2008).


20. Rusyanti


Dongeng adalah cerita yang dituturkan atau dituliskan, bersifat hiburan, dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan.


21. Trianto


Menurut Trianto menyatakan bahwa dongeng adalah sebuah cerita yang bersifat sederhana yang tidak terjadi, seperti cerita-cerita aneh yang terjadi pada zaman dahulu.


22. Badrun


Menurut Badrun dongeng adalah cerita yang berbentuk prosa yang merupakan hasil dari kesenian rakyat yang menjadi angan-angan, impian dan keinginan masyarakat yang dijadikan satu dengan kenyataan.


23. Hendri


Dongeng merupakan sebuah hal yang memiliki kaitan dengan sebuah khayalan.


24. Habsari


Dongeng adalah cerita fiktif yang bertujuan untuk menghibur dan mengandung nilai-nilai budi pekerti di dalamnya (Habsari, 2017:23).


25. Dudung


Dongeng adalah bentuk sastra lama yang bercerita tentang kejadian luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) dan tidak benar-benar terjadi (Dudung dalam Habsari, 2017:23).


26. Sayy


Dongeng atau bercerita adalah kebudayaan lisan yang sama tuanya dengan usia manusia. Ilmu pengetahuan berkembang dan menyebar pada mula nya melalui tradisi lisan (Sayy dalam Zulfitria, 2018:132).


27. Zaskia


Bercerita atau dongeng adalah suatu proses kreatif anak-anak (siswa). Dalam proses perkembangannya, dongeng senantiasa mengaktifkan tidak hanya aspek-aspek intelektual, tetapi juga aspek kepekaan, kehalusan budi, emosi, seni, fantasi dan imajinasi. Tidak hanya menggunakan otak kiri tetapi otak kanan (Zaskia dalma Zulfitria, 2018:132).


Baca juga: Pengertian Fabel Menurut Para Ahli


Dari beberapa definisi dongeng menurut para ahli diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dongeng adalah suatu cerita yang tidak pernah terjadi dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya yang berisi tentang petualangan yang penuh imajinasi dan terkadang tidak masuk akal dengan menampilkan situasi dan para tokoh yang luar biasa/goib.


Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian dongeng menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 comments